Sunday, April 05, 2015

MIE KERING ( MIE TITI )



Mie kering adalah salah satu makanan khas kota Makassar. Bentuknya menyerupai Ifu Mie tapi agak berbeda di rasa dan penyajian, ifu mie rasanya cenderung ke capcay sedangkan mie kering rasanya gimana yah hmmm,,,simple but ngangenin.
Mie kering ini bahan utamanya mie telor basah yang digoreng hingga kecoklatan dan kriuk-kriuk. Kemudian mie akan disiram dengan kuah kental yang berisi daging ayam dan sawi hijau yang aroma bawang putih nya sangat terasa karena pemakaian bawang putih yang cukup banyak, selain daging ayam kadangkala juga ada yang nambahin bakso sapi dan terkadang juga sea food sesuai selera. Rasanya ??? Jangan tanya deh, sungguh nikmat dan lezat.



Selain Mie Titi, mie kering terkenal lainnya adalah mie kering Awa di Jl. Pattimura dan Mie Anto di Jl. Bali dan masih banyak lagi yang tersebar hampir di seluruh kota makassar.
Bagi yang sangat suka sama mie titi tidak perlu jauh-jauh ke makassar untuk menikmatinya karena cara membuatnya pun tidak sulit.
Yukk ini resepnya...

BAHAN :
- mie telur basah untuk mie titi (goreng hingga kering)
- sawi hijau
- telur (kocok lepas)
- daging ayam ( iris tebal )
- merica bubuk
- larutan kanji (air+kanji secukupnya)
- minyak untuk menumis

BUMBU :
- bawang putih, cincang kasar
- bawang bombay, cincang kasar
- merica bubuk
- minyak wijen
- garam
- gula dikit

Cara membuat :
Panaskan minyak di wajan. Tumis bawang putih, bawang bombay sampai wangi, masukkan ayam sambil diaduk sampai rata.
Setelah ayam berubah warna segera masukkan sawi. Bubuhi garam, gula, merica.
Tambahkan air aduk rata. Setelah mendidih tuangi larutan kanji yang sudah dicampur dengan kocokan telur, aduk cepat sampai berserabut. Beri minyak wijen.
Satelah kuah mengental dan mendidih segera matikan api agar sayur tidak overcook.
Siapkan mie kering di piring saji. Siram dengan kuah kentalnya. Sajikan panas-panas sengan perasan jeruk nipis dan sambal kuning.





No comments:

Post a Comment